Pages

31 Desember, 2013

Ibuku Bidadariku




Bel pulang sekolah pun berbunyi,itu tandanya aku harus pulang kerumah lagi. Rumah? Mendengar kata itu ibarat sebuah neraka bagiku. Bagaimana tidak,dirumah tak ada kehangatan yang kurasakanSeperti waktu dulu sebelum pindah kekota ini yang menyebabkan semua keadaan keluargaku berubah drastis, bahkan orang tuaku sudah tidak perduli lagi dengan ku.Langkah ku kupercepat, hanya aku yang masih tertinggal dilorong sekolah ini dan terhenti kaki ini telah sampai di parkiran.Aku segera menghampiri mobilku yang terpakir dibawah pohon rindang itu.Lamunan buyar dikejutkan dengan tepukan keras dipundaku. Risa sahabatku,cewek baik,yang selalu pengertiant dan dialah tempat curhat ku selama ini.Lo kenapa lagi rin’’tanyanya kepadaku’’. Tau ah gue bete pulang ris, dirumah kagak ada siapa-siapa, apalagi bonyok gue,sibuk dengan obsesi mereka sendiri-sendiri.Paling entar pulangnya malam lagi, dan endingnya gue cuma ditemenin sama bi imah atau mang ojo. Loh, lo gag boleh kayak gitu, dia itu orang tua lo, yang udah ngebesarin lo sampe segede ini’’ujarnya kepadaku’’. Au ah’’kataku’’ udah gih shalat dulu ketimbang lo, ngedumel terus’’kata risa padaku’’.Entar,shalatnya dirumah aje’’ ujarku’.iya udah terserah lo caless’’ sambil berlalu didepanku. Ris lo kagak bareng gue’’tanyaku kepadanya’’. Kagak ah,gue udah di jemput ama bonyok, lu duluan aje,’’ujarnya’’. Gue mengangguk lemah. Gue merasa risa itu orang yang paling beruntung didunia ini .Orang tuanya selalu perhatian sama dia,apalagi mamanya luar biasa perhatianya.Nah kalo gue? Ah udahlah. Gue segera masuk mobil dan tancap gas pulang kerumah. Huh, gerbangnya pake ditutup lagi, mang ojo..Mang. Seorang laki laki paruh bayar keluar, dan berlari .Maaf neng mang ojo ketiduran,’’katanya padaku’’.Aku hanya tersenyum masam sambil menggangguk lemah, setelah itu akupun segera naik dan memakirkan mobilku di bagasi dan berlari kekamar untuk menunaikan kewajibanku, shalat dan berdoa agar kebahagian keluargaku dan kehangatan keluargaku kembali lagi. Desiran angin siang itu, membuat kantuk datang , tak sadar ternyata aku tidur diatas sajadah shalatku. Suara adzan ashar membangunkanku aku segera mandi dan mengambil air wudhu, menyegerakan shalat. Aku pun terisak-isak menangis diatas sajadahku, doa yang sama yang terus aku panjatkan kepada sang ilahi. Berharap dan berharap terus. Suara bi imah menyadarkanku. Non ’’pangilnya padaku’’. Ada apa bi, masuk ajah. Dia membawakanku makanan,non kan dari tadi siang belum makan,bibi takut non sakit’’ujarnya padaku’’begitu perhatiannya dia. masih kenyang kok bi, ntar aja, kalau lapar pasti ambil sendiri’’kataku padanya’’. Ya udah bibi manut, jangan lupa ya non’’ begitu perhatiannya dia.Seperti biasa,setiap sore aku bersantai ditempat favoritku, atas balkon rumah sambil menanti sang mentari kembali keperaduannya, sambil menulis kejadian dan harapan dia didiary kesayanganku. Setelah puas aku pun kembali kekamar dan hal tersebut bertepatan dengan adzan yang dikumandangkan oleh masjid diujung komplek. Aku pun segera bergegas mengambil air wudhu dan menyegerakan shalat.Setelah shalat aku pun turun kelantai bawah menanyakan kepada sang bibi, apakah mama telah pulang.Bi imah,Bi ‘’teriakku padanya’’.Ada apa non.’’ujarnya’’. Mama udah pulang?. Udah non barusan saja sama tuan. Oh, ya makasih bi. Aku pun langsung menuju kamar mama, dan mengetok pintunya. Ma,ma, Rin mau ngomong. Iya bentar’’sahut mama’’. Ada apa neng, uang jajan kamu abis?? Atau mau minta ganti hp?Bukan ,bukan ma, tadi mama dapat undangan orangtua untuk menghadiri pentas seni akhir tahun, dan rin didaulad untuk mengisi acara tersebut. Mama datang ya?’’ujarku padanya’’. Aduh rin cuma acara begituan, mama sibuk dengan kerjaan,apalagi butik mama kemarin diundang untuk nampilin desain baju terbaik mama. Udah ah, mama malas dateng, papa kamu suruh datang sana’’jawaban mama dengan ketus sambil berlalu’’. Papa gak bisa ri, hari itu papa harus keluar kota untuk meeting dengan klien. Aku hanya tertunduk lemas, pikiranku kacau balau. Aku pun segera berlari ke tempat biasa’’Balkon’’dan  disitu aku berteriak sekencang-kencangnya diatas guyuran lebat hujan malam ini. Tak tahu harus bagaimana lagi menggembalikan kehanggatan dan kepedulian mereka terhadapku dan saat itu aku pun berlari keluar dari rumah, untuk pergi kerumah sahabatku risa, karena aku udah gak tahan tinggal dirumah ini. Saat aku menyebrang dari arah berlwanan , tampak sebuah mobil melaju kencang dan aku tak dapat menghindarinya, dan tabrakan lari itu terjadi. Tubuhku melayang ,dan seketika itu aku tak sadarkan diri. Aku pun segera dilarikan kerumah sakit, aku sadar aku berada di ruang UGD, tampak dokter sibuk membersihkan lukaku, dan ternyata, secara sama-samar aku mendengar suara dokter bilang kepada orang tuaku bahwa,aku perlu transfusi tulang belakang. Dan itu membuat histeris teriakan mamaku. Dia berkata bahwa dia siap mendonorkan tulang belakangnya bagiku dan ia segera menandatangani surat perjanjian.Operasi itu pun dilaksanakan malam ini, mengingat kondisi ku yang sudah lemah. Setelah 2 hari aku pun akhirnya, sadarkan diri, disampingku ada papa yang sedang teridur pulas. Pa,’’rintihku pelan.’’papa pun terbangun. Kamu udah sadar rin, papa meneteskan airmata,terima kasih ya Allah.Oh ya pa mama mana’’tanyakupelan’’.Dengan terbata-bata papa berbicara dan menceritakan semua kejadian kepadaku hingga membuat mama sekarang berada di ruang iccu.Dan aku pun syok mendengarkan cerita tersebut. Pa,anterin Rin kesana pa, Rin pengen ketemu mama.,‘’sambil menangis tersedu-sedu’’. Rin istrahat dulu, rin kan baru sadar.’’ujarnya’’. Enggak mau rin harus ketemu mama. Ya udah papa anterin, tapi ambil kursi roda dulu ya. Aku menggangguk lemah. Aku pun didorong menuju lorong iccu sepanjang jalan tak henti-hentinya aku menangis, ternyata persepsi dan pandanganku terhadap mama salah. Dia ternyata selalu memperhatikanku, walaupun ia hanya titip pesan kepada bibi untuk selalu memberi kabar tentang keadaanku. Hal itu aku ketahui setelah bi imah dan papa becerita kepadaku. Aku pun sampai pada ruangan mamaku dan hanya diperbolehkan melihat dari luar jendela, karena kondisi mama yang belum boleh dijenguk oleh siapapun. Aku hanya melihat dari jendela, tubuh mamaku yang di pasang banyak selang, yang membuat aku semakin syok melihat keadaannya. Dalam tangisan aku berdoa agar mama segera diberi kesembuhan. Selang beberapa hari kemudian mamaku dikabarkan sadar dan membaik serta boleh pulang,betapa senangnya aku mendengarkannya bidadariku yang selama ini aku benci, telah boleh pulang kerumah.. Dan pagi ini aku bersemangat menjemput bidadari penyelamatku.Aku memang beruntung punya mama seperti mamaku dan aku takkan pernah membandingkan mamaku dengan siapapun. Karena mamaku segalanya bagiku. Terimakasih ya Rab,kau telah mendengar semua doaku selama ini. Aku mempercepat mobilku agar sampai dirumah sakit dan ternyata papa dan mamaku telah menunggu didepan pintu.Aku segera memeluk mama, dan meminta maaf atas semua kesalahanku selama ini’. Mama ku tersenyum dan ia juga meminta maaf karena  selama ini dia tak punya waktu  untuk bersma anaknya seperti mama yang lain. Lengkaplah kebahagianku hari ini Thanks For God. Happy Ending.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar